Ketika Genteng Rumah Bocor

Intisari “Perbaiki Hubungan dengan Allah” (klik judul kajian untuk menuju video).
Penceramah: Ustadz Hanan Attaki

Kita perlu mengetahui bagaimana kondisi hubungan kita dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, apakah sedang baik ataukah sedang buruk atau renggang.

Kerenggangan hubungan dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala antara lain dapat kita rasakan dengan:

  1. Sulit khusyu’ saat shalat.
  2. Jauh dengan Al-Qur’an.
  3. Hati yang merasa sedih, galau, dan berputus asa.
  4. Hubungan dengan manusia, baik dengan keluarga, pasangan, orang tua, sahabat, atau rekan kerja, yang renggang.

Siapa yang buruk hubungannya dengan Allah, maka akan buruk juga hubungannya dengan manusia. Siapa yang baik hubungannya dengan Allah, maka akan baik juga hubungannya dengan manusia.

Jadi jika merasa hubungan dengan manusia terasa renggang maka hal yang pertama harus kita introspeksikan adalah jangan-jangan hubungan kita dengan Allah sedang tidak baik.

Kalau merasa shalat sulit khusyu’, jarang buka Al-Qur’an, susah bangun subuh, maka hal yang pertama harus kita introspeksikan adalah jangan-jangan hubungan kita dengan Allah sedang tidak baik.

Dulu para ulama sangat peka terhadap hubungan mereka dengan Allah, sehingga ada yang berkata “ketika genteng rumah saya bocor maka saya akan langsung sholat dan meminta ampun kepada Allah”, kalau anak susah dinasehati juga meminta ampun kepada Allah, kalau ribut dengan pasangan juga meminta ampun kepada Allah.

Maka para ulama tersebut menyadari akar semua masalah ketidaknyamanan itu adalah hubungan dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang sedang tidak baik.

Hubungan yang baik dengan Allah itu bukan hanya memberi jaminan kebaikan di dunia tapi juga di akhirat di mana kita tidak bisa berharap kepada siapa pun di sana selain Allah.

Maka kita mesti berbaikan kembali kepada Allah dengan memohon ampun kepada Nya.

”Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.” (Al-Qur’an Surat Al-Anbiya’ ayat 87).

Kalau hubungan kita baik dengan Allah maka semuanya akan berangsur membaik.

Leave a Comment