About

Tentang Fana.Blog

Fana.Blog dibuat dengan harapan menjadi tempat berkunjung yang nyaman di tengah kesibukan dunia nyata dan kepadatan serta pesatnya aliran informasi dunia maya (internet).

Dalam kejenuhan, saya menemukan beberapa blog yang terasa nikmat dibaca dan memiliki impact, seperti Becoming Minimalist dan No Sidebar, yang mengajak berhenti sejenak dan memikirkan tentang kehidupan saat ini, menikmati apa yang ada di depan mata, mindfulness. Serta memfokuskan diri pada apa yang dianggap penting dan mengurangi atau membuang, declutter, apa-apa yang menghalangi dari hal penting tersebut, atau dikenal dengan sebutan minimalism.

Saya mencari blog semisal Becoming Minimalist atau No Sidebar tersebut yang berbahasa Indonesia dan belum menemukannya (kabari jika ada, saya akan follow atau subscribe). Oleh karena itu saya membuat blog yang diberi nama Fana.Blog ini.

Fana‘ menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna:

‘dapat rusak, hilang, mati; tidak kekal’

Di tengah kesibukan aktivitas maupun banjir informasi saya ingin senantiasa tersadar bahwa kehidupan di dunia ini fana, akan berakhir. Karenanya dalam waktu singkat tersisa dan resources terbatas perlu memilih apa yang benar-benar penting.

Meski minimalism, mindfulness, declutter menjadi perhatian utama blog ini, saya tidak membatasi pada topik tersebut selama bisa berjalan beriringan.

Tentang Penulis Fana.Blog

Seorang suami, ayah, pembelajar, senang berenang, membaca, jogging, penikmat kopi, tertarik minimalism. Tinggal di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Pernah menikmati pendidikan formal di Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia (lulus 2009) dan Graduate School for International Development and Cooperation Hiroshima University Jepang (lulus 2014).

Selama kuliah di Jepang pernah beraktivitas di:

  1. Hiroshima Islamic Cultural Center (HICC) sebagai Head of Islamic Activities serta koordinator dan pengajar Children Class.
  2. Keluarga Muslim Indonesia di Hiroshima (KMIH) sebagai Sekjen dan admin blog.
  3. Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang Komisariat Hiroshima (PPIH) sebagai anggota Divisi IT dan Publikasi.
  4. Higashi Hiroshima City Board of Education Japan sebagai Non-Japanese Staff Member ditempatkan di Takamigaoka Elementary School.

Kesibukan saat ini:

  1. Belajar di universitas kehidupan.
  2. Blogger di Fana.Blog.

Iqbal – Fana.Blog