Categories
Berhenti Sejenak

Agar Kekuatan Super tidak Menjadi Debu Beterbangan

Kekuatan super itu tidak berarti apa-apa jika..

Kata apa yang muncul dalam pikiran saat melihat video ini?

Apapun itu trust me, don’t try it unless you know what you do!

Batang besi di video itu terbuat dari.. well, besi. Meski terlihat ringan digebuk benda itu bisa bikin tulang patah.

Tetapi saya bukan sedang membahas teknik digunakan atau berapa lama mempelajarinya.

Sebab dalam tulisan ini saya akan mengungkap hal lain.

Saat melihat gedung tinggi sedang dibangun saya merasa takjub bagaimana orang-orang terlibat di proyek tersebut bekerja mewujudkan bangunan tinggi dan kuat.

Individu-individu memiliki kehidupan masing-masing bekerja bersama-sama sesuai perannya masing-masing membangun gedung tinggi sesuai desain.

Para pekerja tersebut telah mengembangkan potensi mereka sehingga bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang orang tak terlatih tidak bisa mengerjakannya dengan baik.

Contohnya dahulu saya pernah membantu memasang ubin rumah orang tua saya. Hasilnya masih terlihat hingga saat ini: ubin tidak rata, berantakan. Karena memang tidak terlatih memasang ubin. Belum punya pengalaman. Tetapi yakin insya Allah kalau terbiasa memasang ubin hasilnya akan rapi. Karena manusia punya potensi untuk dikembangkan.

Manusia makhluk ciptaan Allah paling sempurna memiliki beragam potensi bisa dikembangkan.

Bicara tentang potensi manusia kadang-kadang potensi itu tidak terduga sama sekali.

Coba saja lihat di Youtube tidak sulit menemukan video memperlihatkan orang-orang menemukan potensi dirinya melakukan hal-hal tak terduga maupun luar biasa.

Misalnya pengendara motor melajukan motornya di jalur akrobatik sangat berbahaya tetapi berhasil melaluinya.

Atau sekelompok orang melompat dari pesawat lalu bermain-main selama di udara. Saat dekat tanah mereka mengembangkan parasutnya, berhasil mendarat selamat.

Atau orang yang bisa bertahan berdiam diri di tengah salju dingin. Katanya sih kuncinya pengendalian pikiran sehingga suhu tubuhnya bisa dikendalikan.

Atau program reality show luar negeri yang dirancang mewujudkan mimpi-mimpi liar. Seperti misalnya ada peserta ingin berenang di aquarium bersama piranha maka tim program reality show tersebut akan memberi kejutan kepada orang itu memberinya kesempatan mewujudkan mimpinya.

* * *

1. Kekuatan Super

Dari berbagai video dan cerita tadi terungkap fakta bahwa tidak sedikit orang:

  1. sanggup mencurahkan akalnya menghasilkan sesuatu yang rumit.
  2. berani mati bermain bahaya.
  3. mampu memaksa tubuhnya melakukan hal luar biasa sampai batas kemampuan.

Intinya setiap orang punya potensi melakukan hal-hal luar biasa.

Inilah yang dimaksud kekuatan super dalam tulisan ini, bukan seperti Superman bisa terbang atau memancarkan sinar X dari matanya.

Setiap manusia terlepas apapun motivasinya ternyata punya potensi melakukan hal-hal luar biasa, kreatif, melelahkan, atau menyakitkan.

Bahkan berani menempuh risiko kehilangan nyawa. Misalnya melakukan atraksi memanjat gedung tinggi yang jelas-jelas dia tahu risikonya. Dia pun tahu asuransi tidak akan membayar klaimnya jika terjadi kecelakaan dalam atraksinya.

Luar biasa memang potensi manusia.

Dan..

Itulah yang membuat saya terheran-heran ketika baru pasang AC alias pendingin ruangan di kamar.

Semenjak memasang AC perjuangan bangun subuh dan pergi sholat berjamaah di masjid terasa lebih berat.

Rasanya ingin meringkuk di balik selimut saja. Padahal sholat berjamaah di masjid salah satu amal ibadah teragung dalam Islam.

Di situ saya merasa heran. Padahal jika diperhatikan banyak sekali yang bisa dilakukan manusia, potensinya luar biasa. Bisa mendaki gunung tertinggi di dunia, panjat tebing, lomba triathlon, berenang menyebrangi laut, banyak lagi.

Bisa membangun gedung tinggi, malah bisa pula membangun rumah di dataran tinggi. Saya pernah mengunjungi tempat wisata di perbukitan yang jalanannya sempit dan merasa heran bagaimana di tempat setinggi itu bisa dibangun tempat wisata. Rumah-rumah penduduk pun menjadi keajaiban tersendiri. Bagaimana traktor atau truk tanah bisa masuk? Bagaimana gerobak pasir bisa naik ke atas bukit? Entahlah.

Baru-baru ini sebuah perusahaan yaitu SpaceX mengirim puluhan satelit ke luar angkasa.

(Sumber: youtube.com/watch?v=gE2-R3Ac1zc)

Potensi manusia benar-benar luar biasa bukan?

Tetapi kenapa hanya sekadar perlu menggunakan potensi sekian persen saja dari segenap potensi besar tadi, hanya untuk bangun dan berangkat ke masjid atau mushola sejarak tidak sampai 100 meter pun terkadang terasa berat?

Padahal pergi ke masjid hanya perlu jalan kaki, bukan jalan jongkok, salto, atau naik sepeda melewati pegunungan berbatu.

Saya pernah menonton di TV ada kompetisi berdiri 24 jam. Sholat subuh di mushola dekat rumah saya hanya perlu waktu 10 menit saja dari berangkat hingga kembali ke rumah.

* * *

2. Debu Berterbangan?

Sebagai muslim saya meyakini tujuan diciptakannya manusia adalah beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (Al-Qur’an Surat Az-Zariyat ayat 56).

Sayangnya seperti diutarakan di atas saya belum benar-benar mengerahkan segenap potensi diri untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kekuatan super apapun tidak berarti apa-apa jika di setiap hari berlalu tidak membuat semakin dekat tujuan hidup.

Hal-hal luar biasa dilakukan, dianggap hebat dan bikin merasa hebat, ternyata itu semua tidak berarti apa-apa jika hanya menjadi pengalih perhatian dari tujuan hidup sebenarnya yaitu beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Dan Kami akan perlihatkan segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami akan jadikan amal itu (bagaikan) debu yang beterbangan.” (Al-Qur’an Surat Al-Furqan ayat 23).

Tentu banyak aktivitas super yang dapat menjadi inspirasi misalnya orang-orang yang di tengah kesibukannya menyempatkan diri melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi yang membutuhkannya atau orang-orang yang menyediakan waktu untuk menghafal Al-Qur’an.

Iqbal – Fana.Blog

Leave a Reply